Manusia dan Keindahan

#Keindahan#

Pengertian Keindahan

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.
Menurut The Liang Gie dalam bukunya “Garis Besar Estetik” (Filsafat Keindahan) dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Perancis “beau”, Italia dan Spanyol “bello”, kata-kata itu ber¬asal dari- bahasa Latin “bellum”. Akar katanya adalah ”bonum” yang berarti kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi’ ”bonellum” dan terakhir dipendekkan sehingga ditulis “bellum”.

Manusia setiap waktu memperindah diri, pakaian, rumah, kendaraan dan sebagainya agar segalanya tampak mempesona dan menyenangkan bagi yang melihatnya. Semua ini menunjukkan betapa manusia sangat gandrung dan mencintai keindahan. Seolah-olah keindahan termasuk konsumsi vital bagi indera manusia. Tampaknya kerelaan orang mengeluarkan dana yang relatif banyak untuk keindahan dan menguras tenaga serta harta untuk menikmatinya, seperti bertamasya ke tempat yang jauh bahkan berbahaya, hal ini semakin mengesankan betapa besar fungsi dan arti keindahan bagi seseorang. Agaknya semakin tinggi pengetahuan, kian besar perhatian dan minat untuk menghargai keindahan dan juga semakin selektif untuk menilai dan apa yang harus dikeluarkan untuk menghargainya, dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang yang dapat menghayati keindahan. 

Nilai-nilai pada keindahan

Terbagi menjadi 2, yaitu nilai Nilai ekstrinsik dan Nilai estetik.
  1. Nilai Estetik :  merupakan suatu ilmu yang membahas tentang keindahan, bagaimana cara keindahan itu terbentuk dan bagaimana cara manusia bisa merasakan keindahan. Pembahasan secara lebih lanjut mengenai estetik adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai – niali sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetik sendiri merupakan cabang ilmu yang sangat dekat dengan filosofi seni.
  2. Nilai Ekstrinsik : Nilai Ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (Instrumental/Contribution Value), yakni bersifat sebagai alat atau membantu. contohnya : puisi (yang terdiri dari bahasa diksi, baris, sajak, irama) dan  tarian,
 (dikutip dari blog Hasto Pramu Dewanto)

Kontemplasi

Kontemplasi adalah suatu proses meditasi, merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat, dan tujuan untuk melihat hasil penciptaan. Dalam kehidupan sehari-hari orang mungkin berkontemplassi dengan dirinya sendiri atau mungkin juga dengan benda-benda ciptaan tuhan atau dengan peristiwa kehidupan tertentu berkenaan dengan dirinya sebagai aktivitas atau di luar dirinya. Di kalangan umum kontemplasi diartikan sebagai aktivitas melihat dengan mata dan atau dengan pikiran untuk  mencari sesuatu di balik yang tampak tersurat. misalnya dalam ekspresi kita saat sedang berkontemplasi dengan bayang-bayang atau dirinya di muka cermin


Keindahan merupakan karunia yang besar dan juga sebuah tanggung jawab yang besar. Kita dititipi itu untuk dapat dinikmati di tiap generasinya, oleh karena itu kita diberi beban untuk melestarikannya. keindahan tidak selalu terpaku pada pemandangan alam sekitar seperti gunung, laut, sungai, danau, atau lainnya.Tapi pakaian, seni tari, seni drama, seni sastra, seni lukis dan juga lain-lainnya yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri. keindahan itu luas maknanya, suatu hal yang kompleks sehingga untuk menjaga bukan lah hal yang mudah jangan sampai semua itu hilang termakan zaman akibat kelalaian kita yang kurang menjaganya. jadikan hal itu sebagai barang berharga yang suatu saat nanti bisa kita tunjukan pada anak cucu kita.

sumber terkait :
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
Reactions: 

Leave a comment