Proposal Penelitian Pemanfaatan E-book Sebagai Sarana Pembelajaran Modern


Nama              : Indra Bagus Pratama
NPM               : 33411586
Judul Proposal : Pemanfaatan E-book Sebagai Sarana Pembelajaran Moder



BAB I
PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang
          Berkembangnya zaman yang semakin modern berdampak pula pada perkembangan teknologi saat ini. Khususnya pada teknologi informasi dan pendidikan yang menjadi semakin praktis dari masa ke masa. Teknologi pada  dasarnya dibuat untuk membantu kerja dari manusia. Kemajuan teknologi di bidang informasi dan pendidikan ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk dapat lebih mengetahui perkembangan-perkembangan di luar serta membantu dalam proses pendidikan khususnya di Indonesia.
          Semakin majunya teknologi informasi, rasanya ada perkembangan signifikan lainnya yang harus dicermati, yaitu beralihnya fungsi buku konvesional menjadi e-book (electronic book) atau biasa dikenal dengan buku elektronik. Munculnya e-book tidak lepas dari majunya teknologi komunikasi dan informasi terutama semakin besarnya pengguna handphone berbasis smartphone dengan jaringan internet yang didukung dengan aplikasi-aplikasi pendukungnya sehingga mempelopori berkembangnya e-book ini. Asalkan ada hardware yang kompatibel untuk mengoperasikan e-book yang berekstensi .pdf dan .exe ini, mau di manapun dan kapanpun juga kita akan tetap bisa menikmati bacaan di dalam e-book dengan nyaman hanya dengan menggunakan smartphone ataupun laptop, tanpa perlu membawa buku yang sangat tebal kemana-mana.
           Dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh e-book, terdapat beberapa hal yang harus dievaluasi selama berjalannya program pemerintah mengenai buku elektronik gratis untuk jenjang sekolah dasar sampai dengan SMA yang sudah berjalan sejak tahun 2008. Kurangnya sosialisasi kemendiknas mengenai program e-book ini dan kebijakan kemendiknas yang mengizinkan untuk menggandakan hard copy menyebabkan munculnya beberapa hambatan dan rawan penyelewengan dalam berjalannya program e-book ini. Hal tersebut yang mendasari peneliti untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan e-book secara benar dan bijak guna dijadikan sebagai sarana pembelajaran modern.

1.2     Perumusan Masalah
          Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan e-book yang baik dan benar dalam upaya menjadikan e-book sebagai sarana pembelajaran modern. Serta bagaimana upaya masyarakat dalam menjalankan program pemerintah tersebut tanpa adanya penyelewengan yang dapat melanggar ketentuan yang berlaku.

1.3     Pembatasan Masalah
          Lepas dari ruang lingkup teknologi informasi yang sangat luas, pembatasan masalah untuk penelitian ini adalah hanya sebatas pada pemanfaatan e-book sebagai sarana pembelajaran modern. User atau pengguna yang dijadikan sampel adalah pelajar.

1.4     Tujuan Penelitian
          Terdapat beberapa tujuan guna mencapai sararan dari penelitian ini. Tujuan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
1.  Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan e-book sebagai sarana pembelajaran modern.
2.  Mengetahui pemanfaatan e-book yang baik dan benar.
3. Mengetahui apakah e-book lebih dipilih oleh pelajar sebagai referensi dibandingkan dengan buku konvensional.
4.   Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat perkembangan dari e-book.        

1.5     Manfaat Penelitian
          Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat, khususnya bagi pelajar. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
1.  Bagi Pelajar, dapat menambah referensi dalam belajar dikarenakan sudah banyak situs di internet yang menyediakan layanan e-book gratis dan lebih praktis daripada membawa buku yang berukuran tebal.
2.   Bagi pengembangan keilmuan, bermanfaat dalam menambah solusi dalam penyebaran informasi di bidang pengetahuan dan pendidikan.
3.  Bagi peneliti, bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan tentang bagaimana memfaatkan fasilitas e-book dengan baik dan benar.

         



These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
Reactions: 

Leave a comment